Langsung ke konten utama

Cara Pemberian Halaman Berbeda Section dan Pembuatan Daftar Isi Praktis

Selamat pagi, siang, sore, dan malam teman-teman semuanya. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Kali ini saya ingin berbagi informasi kepada anda semua mengenai cara pemberian halaman dan pembuatan daftar isi pada laporan, tugas, ataupun skripsi. Cara ini mungkin sudah umum digunakan pada saat kita duduk di bangku SMP, namun sering kita lupa gimana caranya karena sudah terlalu lama tidak digunakan. Maka saya ingin berbagi dan mengingat2 kembali cara-cara pemberian halaman dan pembuatan daftar isi yang praktis. Yang saya gunakan disini adalah ms.word 2007. Selamat membaca.

1. Cara Pemberian Halaman berbeda Section
Tentu memberikan halaman merupakan hal yang mudah dilakukan bagi kita yang sudah familiar dengan ms.word. Tapi masalah muncul apabila kita ingin memberi halaman berbeda jenis seperti i, ii, dan 1. Cara pemberian ini cukup efektif karena kita tidak harus memisahkan file-file yang berhalaman romawi dan berhalaman angka biasa untuk di print. Berikut adalah tahap - tahap untuk member halaman berbeda jenis.
·         Pertama buka file yang anda ingin edit dan diberikan halaman.
·         Pada kasus ini saya ingin memberikan halaman ii sampai iv dari halaman pengesahan dan 1 sampai seterusnya dari latar belakang sampai lampiran.
·         Atur jenis halaman dengan cara:
Taruh kursor pada halaman pengesahan lalu klik INSERT - PAGE NUMBER - FORMAT PAGE NUMBER
Pilih jenis i, ii, ii dst pada number format dan pilih start at ii pada page numbering
·         Lalu untuk menginput halaman ke lembar klik INSERT - PAGE NUMBER - BOTTOM OF PAGE - PILIH YANG DIKANAN BAWAH.



Halaman akan masuk menjadi ii, iii, iv dst


·         Untuk merubah halaman menjadi 1, 2, 3 dst taruh kursor di latar belakang dan klik PAGE LAYOUT – BREAKS – NEXT PAGE.

·         Setelah itu atur lagi halaman menggunakan page number (sama seperti sebelumnya) tapi jenis halaman dirubah menjadi 1, 2, 3 dst dan start at: 1.
·         Setelah mengatur jenis halaman proses peletakkan halaman sama seperti tahap ke-4.



Halaman 1, 2, 3 dst sudah masuk.

2.    Pembuatan Daftar Isi
Masih dalam file yang sama, setelah pemberian halaman maka akan mudah untuk membuat daftar isi nya. Jangan lupa sisakan satu halaman kosong untuk pembuatan DAFTAR ISI.
·         Langkah pertama, blok setiap JUDUL yang ada pada lembar kerja lalu klik REFERENCES – ADD TEXT – LEVEL 1.
Anda bisa memblok satu persatu judul lalu ke level 1 atau bisa sekaligus memblok JUDUL dengan menggunakan tombol Ctrl pada keyboard.



·         Setelah itu blok lagi setiap SUB JUDUL pada lembar kerja lalu klik lalu klik REFERENCES – ADD TEXT – LEVEL 2.



NB: Pada contoh ini saya hanya membuat daftar isi sampai level 2 saja, apabila ada SUB SUB JUDUL bisa anda yambahkan sendiri.

·         Setelah JUDUL dan SUB JUDUL masuk ke level 1 dan 2 kita kembalikan lagi kursor ke halaman DAFTAR ISI (yang masih kosong). Lalu klik REFERENCES – TABLE OF CONTENTS – AUTOMATIC TABLE 1 (sesuai selera). Maka akan muncul daftar isi secara otomatis ysesuai halaman yang ada.




·         Daftar isi ini juga berfungsi sebagai Hyperlink. Apabila anda ingin menuju ke halaman yang diinginkan anda cukup klik di daerah daftar isi lalu tekan tombol Ctrl dan klik halaman yang anda inginkan, maka anda akan dibawa ke halaman yang anda inginkan.


Sekian tutorial dari saya, semoga tutorial ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan semuanya. Apabila ada kesalahan saya dengan senang hati menerima kritikan yang membangun.


Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Maintenance System

Maintenance , main-tenis, main-tenan dan beberapa istilah lainnya yang sering kita dengar. Semua istilah tersebut punya arti dan fungsi yang berbeda tergantung dari profesi yang mana yang mengartikan, tapi sebenarnya tujuan nya adalah sama. Kenapa saya mau bahas si Maintenance ini??? Biar ga bingung dan sebelum bahas maintenance saya mau jelasin terlebih dahulu tempat saya bekerja - Perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan penghasil CPO ( Crude Palm Oil ) atau biasa kita sebut minyak keapa sawit-. CPO?? Iya CPO itu asalnya dari kelapa sawit yang diolah dan menghasilkan beberapa produk turunan seperti sabun mandi, sabun cuci, kosmetik, margarin, minyak goreng, dll. Di perusahaan tempat saya bekerja terdapat 5 divisi utama, diantaranya Tanaman, Pabrik, Teknik, Administrasi, dan SHE ( Safety Health and Environment ). Kebetulan saya berada di divisi Teknik/Engineering yang sangat berkaitan dengan maintenance system yang sebentar lagi akan saya bahas. Maintenance se

UJI TEKAN PADA KAYU

I. Pendahuluan A. Latar Belakang Dalam dunia teknik mengetahui tentang sifat-sifat mekanik suatu bahan yang ingin digunakan untuk konstruksi sangat penting. Dengan mengetahui sifat-sifat mekanik maupun fisik kita dapat memastikan fungsi spesifik dari suatu bahan dan kita bisa mengetahui bahan tersebut cocok digunakan untuk bidang tertentu. Karena setiap bahan memiliki sifat-sifat mekanik dan fisik yang berbeda maka pengetahuan tentang sifat-sifat ini adalah hal yang mutlak untuk diketahui oleh seorang sarjana teknik. Dalam praktikum ini kita akan mengetahui tentang salah satu sifat mekanik bahan kayu, khususnya sifat kekuatan tekan sejajar serat. Dimana pada hasil akhirnya kita dapat mengetahui kekuatan tekan ijin dari suatu bahan yang kita uji. B. Tujuan · Mempelajari sifat mekanik kayu. · Melakukan pengujian sifat mekanik kayu (uji tekan). · Menentukan kelas kuat kayu yang diuji. · Mengetahui faktor-fa

Teaser - Tanjung Puting National Park #Orangutantrip