Langsung ke konten utama

Pendakian dan keindahan gunung Gede 2958 mdpl

Klao ditanya “naik gunung yuk,mau ga?” pasti jawaban nya “wduh kaga dah,blom kuat mental ma fisik gw”. Itu jawaban pertama ane wktu diajakin naik gunung pas tingkat satu di kampus. Gunung identik sama hal-hal yang unik,mistis, dan menakutkan. Makanya ada kata2 “ga kuat mental” di jawaban yang diatas. Tapi lama-kelamaan penasaran juga nyobain naik bareng temen-temen,apalagi dulu di asrama temen ane banyak anak kehutanan yang sering mondar-mandir ke gunung.
Akhirnya waktu masuk jurusan baru niat itu kesampean juga. Awalnya temen ane yang ngajakin naik ke gunung gede berlimaan cowo semua dengan komposisi satu orang professional dan 4 orang amatiran. Sempet nanya-nanya juga sama si pro tentang mistis-mistis ma hal yang ngeri di gunung gede apaan aja. Mulai dari binatang buas, angker, ma cerita-cerita serem diceritain dh,tapi bukannya makin takut malah makin semangat dan penasaran buat naik. Nah mulai dari sini dah petualangan pertama ke gunung ane dimulai.

Kos-kosan temen
Kita berlima rencana nya berangkat naik ke gunung gede tanggal 31 juli 2009. Nah sebelum hari H kita pada briefing dulu ditempat temen ane. Briefing mulai dari ngomongin rute, menu makanan, sampe hal-hal serem. Rencana kita mau naik lewat gunung putri trus turun lewat cibodas. Briefing ini penting banget gan bagi yang masih pemula dan buta tentang rute jalan gunung yang mau di daki.

31/07/2009
Mulai packing2 sore harinya, kita bawain semua barang-barang yang diperluin mulai dari logistic, perlengkapan tidur, baju, sampe tenda. Acara packing2 ternyata memakan waktu banget gan, alhasil kita berangkat dari bogor jam 1 malem. Tapi hikmahnya mulai dari bogor-ciawi-pasar cipanas-gunung putri kita ga kena macet karna udah malem banget.

Gunung Putri
Udah sampe di gunung putri (kaki gunung gede) kira-kira jam 3 atau 4 subuh suasananya udah beda banget. Yang paling mencolok udaranya dingin banget, kalo kita ngomong udah kaya artis korea ada asepnya keluar dari mulut. Disana kita istirahat di warung sambil nunggu subuh, ane juga heran warung nasi masih buka sampe jam segitu, tapi kata temen ane emang begitu sengaja buat para pendaki yang mau istirahat malem. Abis azan subuh kita langsung ke masjid buat solat subuh dulu, abis itu baru dh kita beberes, ganti baju sama make perlengkapan buat nanjak. Kalo udah pagi suasana di gunung putri kaya biasa aja, banyak yang mondar-mandir ngangkutin sayuran, ibu2 nyapu halaman rumah, bahkan ane terheran ngliat anak kecil main didepan rumah kaga pake baju, mungkin die udah biasa sama udara sedingin itu. Abis semua beres kita berlima langsung cabut nanjak keatas. Tapi harus lapor dulu ke pos informasi yang kira-kira10 menitan dari bawah tadi.

Pos1 informasi
Di pos informasi kita diminta surat2 keterangan pendaftaran untuk mastiin kalo kita emang udah daftar sebelumnya buat naik ke gunung gede. Prosesnya cepet ga ada birokrasi kaya di kampus ane, jadi kita langsung aja cabut lagi ke atas.

Buntut Lutung
Udah kira-kira 3 jam kita naik,kita istirahat lumayan lama di buntut lutung (ane lupa ketinggiannya berapa). Disini kita pada ngopi-ngopi minum the dan makan-makanan kecil. Suasana di buntut lutung kaya hutan biasa aja, disamping kanan-kiri dipenuhin sama pohon-pohon tinggi dan disini agak lembab. Sekitar 30 menit kita ngaso akhirnya kita jalan lagi ke atas buat ngejar waktu.

Simpang Maleber
Kira-kira jam 11 atau jam 12 kita berenti di Simpang Maleber. Ane juga ga ngerti bahasa-bahasa yang digunain untuk ngasih nama daerah nya unik-unik, ane Tanya temen ane juga ga ada yang tau arti nya. Di simpang maleber kita istirahat buat makan siang. Kata temen ane sh udah lumayan deket buat nyampe surya kencana, sekitar 1 atau 2 jam lagi. Udah pada kenyang makan siang yang seadanya kita langsung cabut lagi keatas buat nyampe surya kencana.

Alun2 Surya kencana timur
Nah ini dia yang ditunggu-tunggu. Sekitar jam setengah 2 siang kita sampe di alun-alun Surya Kencana. Tempat ini indah banget. Kita disuguhin padang rumput yang ga keliatan ujung nya dan dikelilingi tanaman bunga Edelweis (map kalo salah ngetik nama bunga nya,ane lupa.hehe). Suasana di sini juga wow banget, angin kencang yang berhembus nambahin sejuknya daerah ini. Matahari keliatan jelas banget tapi udara nya sejuk poll ga kaya di Jakarta atau Bogor.hehe…Kita masih di surya kencana timur, sedangkan untuk perkemahan kita harus ke surya kencana barat yang ada sumber airnya. Kira-kira 15-30 menitan kita jalan ke surya kencana Barat buat nge camp.

Alun2 Surya kencana barat
Subahanallah banget ane ngeliat pemandangan waktu jalan dari surya kencana timur ke surya kencana barat. Padang rumput yang penuh bunga abadi diapit sama dua bukit yang keliatan jelas banget. Ini ngingetin ane sama Tuhan pencipta alam yang udah ngasih banyak banget keindahan buat manusia gan. Sekali lagi Subhanallah. Abis kita sampe ke surya kencana barat kita langsung hunting tempat buat bangun tenda sama istirahat. Udah ga tahan banget pengen rebahan ni badan. Kegiatan kita di surken barat ini ya paling tidur dan makan aja, sama sesekali ngambil air di bawah. Banyak juga para pendaki yang nge camp disekitar karena emang bulan-bulan ini cuaca lagi bagus makanya banyak yang naik. Kalo cuaca lagu ga oke bisa tersiksa gan katanya naik ke gunung.

Puncak Gunung Gede
Setelah bermalam di tenda besok nya sekitar jam 10 pagi kita cabut ke puncak gunung gede. Abis beberes tenda sama segala macemnya kita langsung naik aja ke atas. Perjalanan ke atas kira-kira makan waktu 15 menitan. Track untuk keatas terasa lebih terjal dari sebelumnya, belum lagi ada batu-batu di sekeliling kita. Dan akhirnya setelah 15 menit kita sampe dipuncak dan pastinya ga lupa buat bersyukur ke Allah SWT yang udah ngijinin kita buat sampe ke atas ini. Sekali lagi ane terkagum-kagum sama bentuk alam yang udah diciptain Allah SWT. Lembah gunung gede keliatan jelas (ane ga tau berapa diameter nya), bau belerang mencolok banget dan begitu ane liat ke bawah bagian surken bawah wow banget,,keindahan padang rumput terlihat dengan sangat jelas dari atas gunung gede ini. Sekitar 30 menitan kita diatas, kegiatan nya foto-foto, minum kopi, nutr*sari, makan makanan kecil, dan istirahat. Abis itu kita langsung turun ke bawah lewat cibodas.

Turun lagi
Perjalanan turun kita termasuk ngebut, karna kita ngejar waktu biar ga malem dijalan. Turun lewat cibodas tracknya emang ga seterjal gunung putrid, tapi lama nya minta ampun. Pemandangan selama turun luar biasa mantap. Kita lebih sering disuguhin hutan yang isinya pohon-pohon gede yang daun-daun nya nutupin sinar matahari. Mulai dari jembatan setan (tapi kita muter.hehe), kandang badak (ga ada badaknya gan), air terjun air hangat kita lewatin dan kanan-kiri kita masih pohon-pohon gede. Sekitar jam 6 sore kita sampe di pos bawah. Abis ngasih surat2 kita langsung cabut ke warung yang emang dikhususkan buat para pendaki istirahat. Disana kita makan malem, sholat, dan istirahat. Udah sekitar jam 8 baru kita cabut pulang ke bogor lagi.

Nah itu dia gan pengalaman pertama ane naik ke gunung gede. Tapi pengalaman diatas ane lakuin waktu cuaca lagi bagus gan makanya keindahan nya bisa kita liat semua. Mudah-mudahan abis pengalaman ini ane bisa lebih sering lagi main-main ke gunung.hehe…
SALAM LESTARI

Postingan populer dari blog ini

Maintenance System

Maintenance , main-tenis, main-tenan dan beberapa istilah lainnya yang sering kita dengar. Semua istilah tersebut punya arti dan fungsi yang berbeda tergantung dari profesi yang mana yang mengartikan, tapi sebenarnya tujuan nya adalah sama. Kenapa saya mau bahas si Maintenance ini??? Biar ga bingung dan sebelum bahas maintenance saya mau jelasin terlebih dahulu tempat saya bekerja - Perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan penghasil CPO ( Crude Palm Oil ) atau biasa kita sebut minyak keapa sawit-. CPO?? Iya CPO itu asalnya dari kelapa sawit yang diolah dan menghasilkan beberapa produk turunan seperti sabun mandi, sabun cuci, kosmetik, margarin, minyak goreng, dll. Di perusahaan tempat saya bekerja terdapat 5 divisi utama, diantaranya Tanaman, Pabrik, Teknik, Administrasi, dan SHE ( Safety Health and Environment ). Kebetulan saya berada di divisi Teknik/Engineering yang sangat berkaitan dengan maintenance system yang sebentar lagi akan saya bahas. Maintenance se

UJI TEKAN PADA KAYU

I. Pendahuluan A. Latar Belakang Dalam dunia teknik mengetahui tentang sifat-sifat mekanik suatu bahan yang ingin digunakan untuk konstruksi sangat penting. Dengan mengetahui sifat-sifat mekanik maupun fisik kita dapat memastikan fungsi spesifik dari suatu bahan dan kita bisa mengetahui bahan tersebut cocok digunakan untuk bidang tertentu. Karena setiap bahan memiliki sifat-sifat mekanik dan fisik yang berbeda maka pengetahuan tentang sifat-sifat ini adalah hal yang mutlak untuk diketahui oleh seorang sarjana teknik. Dalam praktikum ini kita akan mengetahui tentang salah satu sifat mekanik bahan kayu, khususnya sifat kekuatan tekan sejajar serat. Dimana pada hasil akhirnya kita dapat mengetahui kekuatan tekan ijin dari suatu bahan yang kita uji. B. Tujuan · Mempelajari sifat mekanik kayu. · Melakukan pengujian sifat mekanik kayu (uji tekan). · Menentukan kelas kuat kayu yang diuji. · Mengetahui faktor-fa