Selamat
pagi, siang, sore, dan malam teman-teman semuanya. Terimakasih sudah berkunjung
ke blog saya. Kali ini saya ingin berbagi informasi kepada anda semua mengenai
cara pemberian halaman dan pembuatan daftar isi pada laporan, tugas, ataupun
skripsi. Cara ini mungkin sudah umum digunakan pada saat kita duduk di bangku
SMP, namun sering kita lupa gimana caranya karena sudah terlalu lama tidak
digunakan. Maka saya ingin berbagi dan mengingat2 kembali cara-cara pemberian
halaman dan pembuatan daftar isi yang praktis. Yang saya gunakan disini adalah
ms.word 2007. Selamat membaca.
1. Cara
Pemberian Halaman berbeda Section
Tentu
memberikan halaman merupakan hal yang mudah dilakukan bagi kita yang sudah
familiar dengan ms.word. Tapi masalah muncul apabila kita ingin memberi halaman
berbeda jenis seperti i, ii, dan 1. Cara pemberian ini cukup efektif karena
kita tidak harus memisahkan file-file yang berhalaman romawi dan berhalaman
angka biasa untuk di print. Berikut adalah tahap - tahap untuk member halaman
berbeda jenis.
·
Pertama
buka file yang anda ingin edit dan diberikan halaman.
·
Pada
kasus ini saya ingin memberikan halaman ii sampai iv dari halaman pengesahan
dan 1 sampai seterusnya dari latar belakang sampai lampiran.
·
Atur
jenis halaman dengan cara:
Taruh kursor pada
halaman pengesahan lalu klik INSERT - PAGE NUMBER -
FORMAT PAGE NUMBER
Pilih jenis i, ii, ii
dst pada number format dan pilih start at ii pada page numbering
·
Lalu
untuk menginput halaman ke lembar klik INSERT - PAGE
NUMBER - BOTTOM OF PAGE - PILIH YANG DIKANAN BAWAH.
Halaman
akan masuk menjadi ii, iii, iv dst
·
Untuk
merubah halaman menjadi 1, 2, 3 dst taruh kursor di latar belakang dan klik PAGE LAYOUT – BREAKS – NEXT PAGE.
·
Setelah
itu atur lagi halaman menggunakan page number (sama seperti sebelumnya) tapi
jenis halaman dirubah menjadi 1, 2, 3 dst dan start at: 1.
·
Setelah
mengatur jenis halaman proses peletakkan halaman sama seperti tahap ke-4.
Halaman
1, 2, 3 dst sudah masuk.
2.
Pembuatan
Daftar Isi
Masih
dalam file yang sama, setelah pemberian halaman maka akan mudah untuk membuat
daftar isi nya. Jangan lupa sisakan satu halaman kosong untuk pembuatan DAFTAR
ISI.
·
Langkah
pertama, blok setiap JUDUL yang ada pada lembar kerja lalu klik REFERENCES – ADD TEXT – LEVEL 1.
Anda bisa memblok satu persatu
judul lalu ke level 1 atau bisa sekaligus memblok JUDUL dengan menggunakan
tombol Ctrl pada keyboard.
·
Setelah
itu blok lagi setiap SUB JUDUL pada lembar kerja lalu klik lalu klik REFERENCES – ADD TEXT – LEVEL 2.
NB: Pada
contoh ini saya hanya membuat daftar isi sampai level 2 saja, apabila ada SUB
SUB JUDUL bisa anda yambahkan sendiri.
·
Setelah
JUDUL dan SUB JUDUL masuk ke level 1 dan 2 kita kembalikan lagi kursor ke
halaman DAFTAR ISI (yang masih kosong). Lalu klik REFERENCES
– TABLE OF CONTENTS – AUTOMATIC TABLE 1 (sesuai selera). Maka akan
muncul daftar isi secara otomatis ysesuai halaman yang ada.
·
Daftar
isi ini juga berfungsi sebagai Hyperlink. Apabila anda ingin menuju ke halaman
yang diinginkan anda cukup klik di daerah daftar isi lalu tekan tombol Ctrl dan
klik halaman yang anda inginkan, maka anda akan dibawa ke halaman yang anda
inginkan.
Sekian tutorial dari saya, semoga tutorial ini bisa
bermanfaat bagi para pembaca dan semuanya. Apabila ada kesalahan saya dengan
senang hati menerima kritikan yang membangun.
Terimakasih.
Komentar
Posting Komentar